post-image

Survey Kepuasan Masyarakat Semester I 2018

Berdasarkan hasil pengolahan data terhadap penilaian masyarakat, setelah dilakukan proses pengukuran dan penilaian pada masing-masing unsur indeks kepuasan masyarakat, data menunjukkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Banjar Semester I Tahun 2018 yang digambarkan pada tabel berikut.

NO

UNSUR PELAYANAN

NILAI UNSUR PELAYANAN

INTERPRESTASI DATA

1

Kemudahan Persyaratan Pelayanan

3,21

Mudah

2

Kemudahan Prosedur Pelayanan

3,21

Mudah

3

Kecepatan Waktu Pelayanan

3,29

Cepat

4

Kejelasan, kewajaran dan kesesuaian biaya yang dibayarkan dengan yang ditetapkan

3,26

Jelas

5

 

Kesesuaian Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan dengan ketentuan yang telah ditetapkan

 

3, 24

Sesuai

6

Kompetensi Petugas Pelayanan

3, 32

Mampu

7

Perilaku Petugas Pelayanan

3, 32

Sopan dan ramah

8

Kesesuaian Maklumat Pelayanan dalam penyelenggaraan pelayanan publik

3.07

Sesuai

9

Kesesuaian dan kemampuan dalam penanganan pengaduan, saran dan masukan

3,18

Sesuai

 

Jumlah

29,10

 

 

Jumlah rata-rata

3,23

 

Sumber : data primer yang diolah, Semester I Tahun 2018

Sedangkan nilai unsur pelayanan serta nilai SKM per bulan sebagai berikut :

    Tabel Nilai Unsur Pelayanan dan SKM per bulan

No

Unsur Pelayanan

Januari

Februari

Maret

April

Mei

Juni

U1

Kemudahan Persyaratan Pelayanan

3.12

3.06

3.21

3.14

3.39

3.33

U2

Kemudahan Prosedur Pelayanan

3.18

3.12

3.05

3.29

3.39

3.27

U3

Kecepatan Waktu Pelayanan

2.94

3.35

3.26

3.50

3.39

3.27

U4

Kejelasan dan Kewajaran Biaya Pelayanan

3.29

3.18

3.16

3.29

3.39

3.27

U5

Kesesuaian Produk Spesifikasi Jenis Pelayanan

3.12

3.06

3.26

3.29

3.28

3.47

U6

Kompetensi Petugas Pelayanan

3.35

3.18

3.26

3.21

3.39

3.53

U7

Perilaku Petugas Pelayanan

3.29

3.18

3.11

3.21

3.50

3.60

U8

Kesesuaian Maklumat Pelayanan

2.71

3.06

3.00

3.14

3.17

3.33

U9

Penanganan Pengaduan, Saran dan Masukan

2.94

3.06

3.05

3.36

3.33

3.33

Jumlah

27.94

28.24

28.37

29.43

30.22

30.40

Jumlah rata-rata

3.10

3.14

3.15

3.27

3.36

3.38

SKM

77.39

78.35

78.70

81.66

83.87

84.36

Pengolahan data akan menghasilkan output nilai indeks unit pelayanan yang kemudian diklasifikasikan ke dalam 4 (empat) interval, sebagai berikut :

Nilai Persepsi

Nilai Interval SKM

Nilai Interval Konversi SKM

Mutu Pelayanan

Kinerja Unit Pelayanan

1

1,00 – 1,75

25,00 – 43,75

D

Tidak Baik

2

1,76 – 2,50

43,76 – 62,50

C

Kurang Baik

3

2,51 – 3,25

62,51 – 81,25

B

Baik

4

3,26 – 4,00

81,26 – 100,00

A

Sangat Baik

Secara keseluruhan semua unsur pelayanan di Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Banjar dipersepsikan oleh masyarakat dalam kategori BAIK, dan semua unsur dikategorikan baik/sesuai. Hasil ini diperoleh dari perhitungan nilai SKM konversi 9 unsur pelayanan yang disurvei berada dalam interval 62,51 – 81,25. Hal ini sesuai dengan klasifikasi yang telah ditentukan sebelumnya.Adapun Nilai Kepuasan Masyarakat (SKM) Dinas Penanaman Modal dan Perizinan Terpadu Kab. Banjar yaitu sebesar 80,72.

Berdasarkan hasil perhitungan unsur tersebut diatas meskipun secara generalisasi baik/sesuai dan diatas rata-rata sama dengan nilai rata-rata masih harus tetap mempertahankan upaya-upaya peningkatan unsur-unsur tersebut.